Senin, 11 November 2013

HUBUNGAN BAHASA INDONESIA DENGAN AKUNTANSI


PENGERTIAN BAHASA INDONESIA
Secara umum bahasa yaitu merupakan alat untuk berinteraksi atau berkomunikasi dalam menyampaikan pikiran, gagasan, konsep atau perasaan yang digunakan oleh seorang manusia. Yang berupa bunyi yang dihasilkan oleh alat kecap manusia.

FUNGSI BAHASA INDONESIA
# Bahasa sebagai alat komunikasi
# Bahasa sebagai alat ekspresi diri
# Bahasa sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial
# Sebagai alat control sosial
# dll

PENGERTIAN AKUNTANSI
Menurut American Acounting Association (AAA) dalam Soemarso SR ( 1996 : 5 ) mendefinisikan akuntansi sebagai proses pengidentifikasian, pengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian-penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut. Dengan kata lain akuntansi itu adalah menganalisa data keuangan yang dilakukan dengan cara tertentu dan ukuran moneter yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi atau perusaan.

FUNGSI AKUNTANSI
Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan suatu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer/manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.

HUBUNGAN ANTARA BAHASA INDONESIA DENGAN AKUNTANSI
Banyak persamaan antara bahasa Indonesia dengan akuntansi , misal nya saja dalam hal fungsi. Fungsi dari bahasa Indonesia yaitu memberikan informasi  kepada masyarakat dalam bentuk apapun, misalnya dalam bentuk laporan keuangan . Sehingga bahasa indonesia dengan akuntansi mempunyai fungsi yang sama yaitu sama-sama memberikan informasi kepada masyarakat. Begitu juga dengan gaya bahasa yang digunakan, bahasa Indonesia dengan akuntasi sama – sama menggunakan bahasa yang baik dan benar serta mudah dimengerti  oleh masyarakat. Jadi bahasa Indonesia dengan Akuntansi sama-sama saling berkaitan satu sama lain .

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar