Tugas
minggu 5
Kelas : 1EB21
Nama Anggota : 26211720 SHAKINA DWIANDARI
25211878 RANI HANIFAH
26211986 SYARAFINA GHASSANI
21211893 DESMA PUTRI NURWANDINI
20211954 ANNISA DWI PUTRI
Kelas : 1EB21
Nama Anggota : 26211720 SHAKINA DWIANDARI
25211878 RANI HANIFAH
26211986 SYARAFINA GHASSANI
21211893 DESMA PUTRI NURWANDINI
20211954 ANNISA DWI PUTRI
Planning
Planning (perencanaan)
merupakan pemilihan atau penetapan tujuan organisasi dan penentuan strategi
kebijaksanaan program dalam metode sistem anggaran dan standar yg dibutuhkan untuk
mencapai tujuan.
Organizing
Organizing (pengorganisasian) :
1. Penentuan sumber daya dan kegiatan yg
dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi.
2. Perancangan dan pengembangan suatu
organisasi atau kelompok kerja yg akan dapat membawa hal-hal tersebut ke arah
tujuan yang baik.
3. Adanya penegasan tanggung jawab tertentu
4. Pendelegasian wewenang yg diperlukan kepada
individu untuk melaksanakan tugasnya.
Staffing
Staffing (penyusunan) adalah penarikan
(recruitment) latihan dan pengembangan yang memberi orientasi pada karyawan
dalam lingkungan kerja yg menguntungkan dan bersifat secara produktif.
Leading
Leading (pengarahan)
adalah mendapatkan karyawan untuk melakukan apa yang harus mereka lakukan.
Pekerjaan leading, meliputi lima macam kegiatan, yaitu mengadakan komunikasi, mengambil
keputusan, memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya
mereka bertindak, memilih orang-orang yang akan menjadi anggota
kelompoknya, dan memberikan suatu wawasan juga pengetahuan agar terampil dalam
usaha mencapai suatu tujuan
Controlling
Controlling
(pengawasan) adalah penemuan dan penerapan cara dan alat utk menjamin
bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dgn yg telah ditetapkan.
Directing atau Commanding
Directing atau Commanding
adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran,
perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing,
agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan
yang telah ditetapkan semula.
Penerapan Dalam Diri
:kita bisa mengatur segala hal yang kita punya dengan baik, dalam kegiatan
sehari-hari saya suka manage waktu saya antara kuliah dengan mengerjakan bisnis
saya (oriflame) saya harus adaptasi di dunia perkuliahan agar semuanya berjalan
dengan lancar. Saya juga belajar untuk mengatur uang agar tidak cepat
habis dan boros. Saya menabung sebagian uang saya di bank dan manfaatnya saya
bisa lebih nyaman dengan memanage waktu dan uang saya. Semuanya berjalan dengan
lancar sesuai yang saya inginkan.
Manfaat Manajemen :
- Manajemen sebagai suatu
proses,
- Manajemen sebagai
kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen
- Manajemen sebagai suatu seni dan sebagai suatu ilmu pengetahuan
- Manajemen sebagai suatu seni dan sebagai suatu ilmu pengetahuan
2. Apa ciri manajer
profesional berdasarkan keterampilan manejemen yang berkaitan :
* Dengan hubungan antar
pribadi
* Dengan informasi
* Dengan pengambilan keputusan
* Dengan informasi
* Dengan pengambilan keputusan
Jawab :
Berkaitan
dengan hubungan antar pribadi :
Pemimpin
lambang (figurehead)
Kepala simbolis untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan social.
2.Pemimpin (leader)
Bertanggung jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan para bawahan
3.Penghubung (liaison) untuk memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan maupun informasi.
Kepala simbolis untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan social.
2.Pemimpin (leader)
Bertanggung jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan para bawahan
3.Penghubung (liaison) untuk memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan maupun informasi.
Berkaitan dengan informasi :
1.
Pemantau (monitor) sebagai pusat saraf informasi internal dan eksternal
2. Penyebar (disseminator) : meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau dari bawahan
3. Juru bicara ( spokesperson ) : meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana, kebijakan, tindakan, dan hasil organisasi berkaitan dengan pengambilan keputusan.
2. Penyebar (disseminator) : meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau dari bawahan
3. Juru bicara ( spokesperson ) : meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana, kebijakan, tindakan, dan hasil organisasi berkaitan dengan pengambilan keputusan.
Berhubungan
dengan pengambilan keputusan :
1.
Wirausaha ( entrepreneur ) : mencari kesempatan dalam organisasi dan
lingkungannya dengan cara usaha-usaha yang bisa dilakukan secara baik
2. Pengendali gangguan ( disturbance handler ) : bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan penting.
2. Pengendali gangguan ( disturbance handler ) : bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan penting.
3.bentuk-Bentuk
organisasi
Bentuk Organisasi Garis
Bentuk ini merupakan
bentuk organisasi paling tua dan paling sederhana diciptakan oleh Henry Fayol.
Biasa juga disebut dengan organisasi militer, cirinya adalah struktur
organisasi ini relatif kecil, jumlah karyawan yang relatif sedikit, saling
kenal, dan spesialisai kerja yang belum begitu rumit dan tinggi.
Bentuk Organisasi Fungsional
Bentuk ini merupakan sebagian pimpinan tidak
mempunyai bawahan yang jelas karena setiap pimpinan berwenang memberikan
komando pada bawahannya. Bentuk ini dikembangkan oleh FW Taylor.
Bentuk Organisasi
Fungsional dan Staff
Bentuk ini merupakan
kombinasi dari bentuk organisasi fungsional dan bentuk organisasi garis dan
staff. Adapun kebaikan dan keburukan dari bentuk organisasi ini adalah juga
merupakan kombinasi dari bentuk diatas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar