Jumat, 27 April 2012

Sumber Daya Manusia


Tugas Bulan April
Minggu Ke-4



Pengertian Sumber Daya Manusia
Sumberdaya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor kunci dalam persaingan global, yakni bagaimana menciptakan SDM yang berkualitas dan memiliki keterampilan serta berdaya saing tinggi dalam persaingan global yang selama ini kita abaikan. Globalisasi yang sudah pasti dihadapi oleh bangsa Indonesia menuntut adanya efisiensi dan daya saing dalam dunia usaha. Dalam globalisasi yang menyangkut hubungan intraregional dan internasional akan terjadi persaingan antarnegara. Indonesia dalam kancah persaingan global menurut World Competitiveness Report menempati urutan ke-45 atau terendah dari seluruh negara yang diteliti, di bawah Singapura (8), Malaysia (34), Cina (35), Filipina (38), dan Thailand (40).

Laju Pertumbuhan  

Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu pada waktu tertentu dibandingkan waktu sebelumnya. Misalnya pertumbuhan penduduk Indonesia dari tahun 1995 ke tahun 2000 adalah perubahan jumlah penduduk Indonesia dari tahun 1995 sampai 2000.
Dengan tingginya Laju pertumbuhan penduduk yang tinggi di Indonesia  saat ini yang mencapai 3,5 hingga empat juta jiwa  pertahun atau sekitar 1,49 persen, dikhawatirkan akan  memicu kerawanan pangan.

“Rawan pangan jelas menganggu karena berimplikasi terhadap berbagai aspek,”  kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Sugiri Syarief, dikutip dari wartakota.co.id, pada acara Seminar Koalisi Kependudukan dengan tema Penduduk dan Ketahanan Pangan di Jakarta, Senin (28/2). Sugiri menjelaskan, penduduk Indonesia yang jumlahnya mencapai 237,6 juta jiwa pada tahun 2010 akan membawa berbagai implikasi pada berbagai peningkatan kebutuhan dasar penduduk seperti pangan, kesehatan dan pendidikan.

Persebaran Penduduk di Indonesia

Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk disuatu wilayah dibandingkan dengan luas wilayahnya yang dihitung jiwa per km kuadrat. Berdasarkan sensus penduduk dan survey penduduk, persebaran penduduk Indonesia antar provinsi yang satu dengan provinsi yang lain tidak merata.

Faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya persebaran penduduk :
1) Kesuburan tanah, daerah atau wilayah yang ditempati banyak penduduk, karena dapat dijadikan sebagai lahan bercocok tanam dan sebaliknya.
2) Iklim, wilayah yang beriklim terlalu panas, terlalu dingin, dan terlalu basah biasanya tidak disenangi sebagai tempat tinggal
3) Topografi atau bentuk permukaan tanah pada umumnya masyarakat banyak bertempat tinggal di daerah datar
4) Sumber air
5) Perhubangan atau transportasi
                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar