Kata
manajemen di ambil dari kata bahasa inggris yaitu “manage” yang berarti
mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin.
Berikut pengertian manajemen menurut beberapa
ahli :
- Manajemen adalah seni dan ilmu
- Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi tang telah ditetapkan.
- Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
JENIS N –
JENIS MANAJEMEN
- Perbedaan Vertikal
- Perbedaan Horizontal
- Aktivitas Manajer
- Peran Manajer
- Peran Informasi
- Peran Interpersonal
PERKEMBANGAN ILMU MANAJEMEN
Manajemen Organisasi
Manajemen ilmiah
Manajemen ilmiah (scientific management) menekankan pekerjaan
dan praktik manajemen yang berbasis ilmiah sebagai cara untuk meningkatkan
efisiensi produktivitas pekerjaan.
Manajemen kualitas total
Manajemen kualitas total (total quality management
TMO) yang berfokus untuk mengelolah keseluruhan organisasi dalam memberikan
kualitas kepada pelanggan menjadi senjata andalan para manajer Amerika dalam
menghadapi persaingan global.
EMPAT FUNGSI MANAJEMEN
Disini saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang
fungsi dari manajemen
Perencanaan
Perencanaan (planning) berarti mengidentifikasi
berbagai tujuan untuk kinerja organisasi di masa mendatang serta
memutuskan tugas dan penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk mencapainya.
Pengelolaan
Pengolaan (organizing) mencakup menentukan tugas,
mengelompokkan tugas, mendelegasikan otoritas, dan mengalokasikan sumber daya
di seluruh organisasi. Belakangan, beragam perusahaan seperti IBM, Gereja
katolik, Motorola, dan FBI mengalami perubahan struktur organisasi guna
mengakomodasi perubahan rencana.
Kepemimpinan
Kepemimpinan (leading) berarti menggunakan pengaruh
untuk memotivasi karyawan guna mencapai tujuan – tujuan organisasional.
Kepemimpinan berarti menciptakan nilai – nilai dan budaya bersama, mengomunikasikan
tujuan – tujuan kepada karyawan di seluruh organisasi, dan menyuntikkan
semangat untuk memperlihatkan kinerja tertinggi kepada karyawan.
Pengendalian
pengendalian adalah fungsi keempat dari proses
manajemen. Pengendalian (controlling) berarti memonitor aktivitas karyawan,
menentukan apakah organisasi sejalan dengan tujuannya, dan membuat koreksi jika
diperlukan. Para manajer harus memastikan bahwa organisasi mereka bergerak
menuju tujuan – tujuannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar