Selasa, 13 Desember 2011

TINJAUAN TENTANG EKONOMI PASAR

Ekonomi pasar  
           
Sistem ekonomi pasar didasarkan pada spesialisasi dan pembagian tenaga kerja, yang mengharuskan adanya pertukaran barang dan jasa. Pertukaran barang dan jasa berlangsung di pasar dan didukung peran uang. Sebagian besar dari ilmu ekonomi mencakup studi tentang bagaimana pasar berfungsi untuk mengkoordinasi jutaan keputusan yang diambil sendiri-sendiri, terdesentralisasi. Dalam teori ekonomi, tiga kelompok pelaku melakukan pengambilan keputusan yang relevan. Rumah tangga, perusahaan dan pemerintah saling berinteraksi didalam pasar. Rumahtangga di asumsikan bertujuan memaksimumkan keuntungan. Sementara itu pemerintah memiliki banyak tujuan.
            Sistem ekonomi pasar bebas ( free-market ) adalah sistem yang alokasi sumber daya nya  ditentukan oleh keputusan-keputusan produksi, penjualan dan pembelian yang ini sendiri ditetapkan oleh setiap perusahaan dan rumahtangga yang berperilaku sesuai dengan petunjuk dan pertanda pasar, seperti harga dan keuntungan. Subsidi dari suatu sistem ekonomi dinamakan sektor. Pada umumnya ekonomi dibagi lagi menjadi sektor pasar dan sektor non-pasar serta sektor pemerintah dan sektor swasta. Pembagian ini saling bersilangan, pembagian yang pertama didasarkan pada pembedaan ekonomi tentang bagaimana biaya ditutup, dan pembagian kedua berdasarkanpada pembedaan yuridis dalam hal kepemilikan.
            Perbedaan pokok antara mikroekonomi dan makroekonomi terletak pada kadar agregasi yang menjadi arah perhatian. Mikroekonomi mengamati hargadan kuantitas pada setiap pasar dan bagaimana variabel-variabel ini bereaksi terhadap berbagai kejutan yang menimpa pasar-pasar tersebut. Makroekonomi mengamati agregat-agregat yang lebih luas, seperti konsumsi agregat dan pengangguran agregat serta tingkat perubahan harga. Masalah-masalah yang terjadi pada mikroekonomi berbeda dengan pada makroekonomi. Walaupun demikian, kedua ilmu ini merupakan bagian yang saling melengkapi dalam teori ekonomi. Mereka mempelajari berbagai aspek dari suatu sistem ekonomi, dan masing-masing dibutuhkan untuk pemahaman keseluruhan ilmu ekonomi. Mikroekonomi mencakup penetapan harga dan kuantitas pada setiap pasar dan hubungan antar pasar-pasar tersebut. Ia memperlihatkan bagaimana sistem harga memberikn pertanda yang mengungkapkan perubahan-perubahan permintaan dan penawaran, terhadap sistem harga itulah produsen dan konsumen bereaksi dengan polanya masing-masing tetapi yang terkoordinasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar