Minggu, 18 Desember 2011

PERMINTAAN,PENAWARAN,EKUILIBRIUM

Jumlah suatu komoditi yang akan dibeli oleh rumah tangga disebut jumlah/kuantitas yang diminta. Jumlah itu dinyatakan dalam arus barang per periode waktu tertentu. Besarnya ditentukan oleh harga komoditi itu sendiri, rata-rata pendapatan rumah tangga, harga-harga dari komoditi yang berkaitan, selera, distribusi pendapatan diantara para rumah tangga dan jumlah penduduk. Jumlah/kuantitas yang diminta diasumsikan mengalami kenaikan harga komoditi itu turun, ceretis paribus. Hubungan antara jumlah yang diminta dengan harga dinyatakan dalam bentuk grafik oleh sebuah kurva permintaan yang menunjukan berapa banyak yang akan diminta pada tiap tingkat harga pasar.
            Suatu pergeseran kurva permintaan menunjukan adanya perubahan jumlah yang diminta pada tiap tingkat harga dan disebut dengan perubahan permintaan. Kurva permintaan bergeser kekanan ( ada kenaikan permintaan ) jika rata-rata pendapatan naik, jika barang substitusinya naik, jika barang komplementernya turun, jika jumlah penduduknya naik, atau jika terjadi perubahan selera yang positif terhadap produk itu. Perubahan-perubahan kebalikannya akan menggeser kurva permintaan ke kiri ( ada penurunan permintaan ). Banyak nya suatu komoditi yang akan dijual oleh perusahaan disebut jumlah/kuantitas yang ditawarkan. Kuantitas tersebut merupakan suatu arus yang dinyatakan dalam berapa banyak per periode waktu tertentu. Besarnya tergantung pada harga komoditi itu sendiri, harga inputnya, tujuan perusahaan dan tingkat teknologinya.
Jumlah yang ditawarkan diasumsikan mengalami kenaikan jika harga komoditi itu naik, ceteris paribus. Hubungan antara jumlah yang ditawarkan dengan harga dinyatakan dalam bentuk grafik oleh sebuah kurva penawaranmenunjukan berapa banyak yang akan ditawarkan pada tiap tingkat harga pasar. Perpindahan sepanjang sebuah kurva penawaran menunjukan adanya perubahandalam jumlah yang ditawarkan sebagai respon terhadap perubahan harga. 
Harga ekuilibrium merupakan harga dimana kuantitas yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan. Pada harga berapa pun dibawah ekuilibrium akan terjadi kelebihan permintaan, pada harga berapapun diatas ekuilibrium akan terjadi kelebihan penawaranpada grafik, ekilibrium terjadi dimana kurva permintaan dan penawaran saling berpotongan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar