Minggu, 18 Desember 2011

PROSES AKUNTANSI

Proses akuntansi dapat di gambarkan sebagai berikut :
1.    Identifikasi dan Pengukuran Data
Data yang relevan untuk keputusan terdiri dari transaksi-transaksi dan kejadian dalam perusahaan. Transaksi atau kejadian akan selalu berhubungan dengan tindakan yang telah diselesaikan, misalnya membeli barang. Data yang telah diidentifikasi kemudian diukur. Satuan pengukur yang tepat dalam akuntansi adalah satuan uang ( rupiah, dolar, dan lain-lain ).

2.    Proses dan Pelaporan
Proses dan pelaporan mencakup kegiatan pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran. Pencatatan transaksi dapat dilakukan dengan berbagi cara misalnya, ditulis dengan pensil atau pena, mengetik pada peralatan komputer, membuat lubang pada kartu pons atau memeberi tanda-tanda tertentu. Pencatatan transaksi berarti mengumpulkan data secara kronologis. Di samping di catat, transaksi perusahan sekaligus digolongkan dalam kelompok atau kategori yang berhubungan. Pengikhtisaran adalah menyajikan informasi yang telah digolong-golongkan ke dalam bentuk laporan seperti diinginkan pemakai.

3.    Laporan Akuntansi
Laporan akuntansi yang dihasilkan oleh suatu sistem akuntansi banyak macam ragamnya. Jenis laporan yang dihasilkan tergantung pada pihak-pihak yang akan menggunakan laporan tersebut. Salah satu yang utama adalah laporan keuangan.

4.    Analisis dan Interpretasi
Analisis laporan keungan pada hakekatnya adalah menghubungkan angka-angka yang terdapat dalam laporan keuangan dengan angka lain atau menjelaskan arah perubahannya. Interpretasi laporan keuangan menghubungkan angka-angka yang terdapat dalam laporan keuangan, termasuk hasil analisisnya, dengan keputusan yang akan diambil.

Sumber :
penerbit : Salemba Empat
buku 1 edisi  5
Soemarso S. R



Tidak ada komentar:

Posting Komentar