Selasa, 13 Desember 2011

ILMU EKONOMI

Apakah Ilmu Ekonomi ?

Salah satu cara untuk merumuskan ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan sosial yang bertalian dengan masalah – masalah ekonomi. Rumusan lain yang mungkin lebih banyak dikenal adalah yang diungkapkan oleh Alfred Marshall, yaitu bahwa ilmu ekonomi merupakan studi tentang umat manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat disimpulkan
Ilmu ekonomi adalah suatu studi tetang pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tak terbatas.

·       Sumber Daya dan Komoditi
Sumber daya suatu masyarakat terdiri dari anugerah alam seperti tanah, hutan dan tambang; sumber daya manusia, baik mental maupun fisik; dan alat bantu buatan untuk memproduksi seperti peralatan, mesin dan bangunan. Para ahli ekonomi menamakan semua sumber daya itu sebagai faktor-faktor produksi, karena mereka ini digunakan untuk memproduksi barang-barang yang digunakan orang. Barang-barang yang dihasilkan atau diproduksi dinamakan komoditi. Komoditi dapat dikelompokan menjadi barang dan jasa. Barang selalu berwujud misalnya mobil atau sepatu, sedangkan jasa tidak berwujud misalnya potong rambut atau pendidikan. Perbuatan atau kegiatan menghasilkan barang dan jasa dinamakan produksi, dan kegiatan menggunakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dinamakan konsumsi.

·      Empat Masalah Ekonomi Pokok
Kebanyakan masalah yang dipelajari oleh para ahli ekonomi bisa dikelompokan kedalam empat kategori pokok :
1.    Apa yang diproduksi dan bagaimana ?
2.    Apa yang dikonsumsi dan oleh siapa ?
3.    Berapa besar tingkat pengangguran dan laju inflasi ?
4.    Apakah kualitas produksi meningkat ?

·      Berbagai Alternatif Sistem Ekonomi
Sistem ekonomi adalah metode tersendiri untuk memberikan jawaban untuk pertanyaan ekonomi dasar. Semua sistem ini kompleks, mencakupprodusen dari segala jenis ---- produsen milik pemerintah dan swasta, maupun produsen dalam dan luar negeri. Sistem-sistem ini mencakup konsumen dari segala jenis; muda dan tua , kaya dan miskin, bekerja dan menganggur. Sistem-sistem ini mencakup undang-undang ---- seperti yang berhubungan dengan hak properti ----- peraturan, pajak, subsidi, dan semua yang lain yang digunakan pemerintah untuk mempengaruhi apa yang diproduksi, bagaimana memproduksinya, dan siapa yang mendapatkannya. Sistem-sistem ini juga mencakup kebiasaan dari segala jenis yang dapat dipikirkan, dan keseluruhan jajaran adat istiadat dan nilai kontemporer. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar